Mau Brainstorm? mungkin mindmap bisa membantu

Mungkin temen2 pernah ngalamin situasi serupa. lagi pengen brainstorm untuk cari solusi tentang masalah pribadi, kerjaan, bisnis, dan lain sebagainya. Yang sering terjadi adalah kita terlalu banyak berpikir, suka merasa ide banyak berdatangan, suka barengan ngebahas hal yang berbeda bersamaan, terus jadinya terlalu banyak yang dibahas di kepala..akhirnya malah bingung solusinya apa, ato ada solusinya tapi rasanya kurang puas karena ada beberapa hal yang tadi kepikiran jadi kelupaan..

Kebiasaan kita adalah (atau gw seenggaknya..hihi) adalah yang diatas tadi.. terus belakangan ini untuk hal-hal yang penting saya ikutin saran dari beberapa bacaan: kalo mau punya solusi yang terstruktur, ditulis.., jadinya outputnya nyata dan tertulis..

Mungkin saran ini ada benernya, saya suka kagum sama beberapa tokoh yang punya pola bicara kestruktur. Untuk nasional misalnya Andy Noya, Karni Ilyas,  Dahlan Iskan dan Bondan Winarno. terlepas dari konten yang mereka sampaikan, cara bicara mereka selalu kestruktur, jelas dari awal apa yang mau disampaikan dan poin2 yang mau dibicarakan tersampaikan dengan jelas dengan argumen yang jelas juga…

Tau kan persamaan dari empat orang ini? mereka adalah jurnalis.., hehe bukannya maksain ambil contoh jurnalis buat tokoh2 yang pinter berkomunikasi, banyak tokoh lainnya juga. Cuma hipotesa saya adalah kalo orang2 yang terbiasa menuangkan idenya melalui tulisan, mereka terbiasa berpikir dengan terstruktur dan kebawa ke pola komunikasi lainnya seperti cara bicaranya..untuk contoh ini gw pake yg backgroundnya jurnalis, tentu masih banyak latar belakang lain yang relevan…

Terus buat kita2 yang masih pemula ini masa harus bikin tulisan tentang hal-hal yang dihadapin? kalo mau si bagus banget, kalo ga, saya sekarang suka pake mindmap supaya lebih mudah bikin konsepnya. Nantinya mau dijadiin tulisan lebih detil ya bisa aja…

Mindmap itu secara simpel adalah konsep mendeskripsikan pusat masalah menjadi kategori tertentu sesuai dengan pilihan masing, terus kategori itu masi bisa dibagi-bagi lagi menjadi sub-kategori dan seterusnya sampai ujungnya tergantung imajinasi kita masing-masing…

Contoh nyatanya gini… misalya gw lagi mau mikir bikin bisnis, kita bisa mulai kategoriin hal yang perlu dipikirkan ke visi,misi,profitability/keuntungan,divisi yang diperlukan, infrastruktur, izin, dan lain sebagainya. contohnya jadi kayak gini (masih draft dan belum selesai):

ExMindMap

Untuk software mindmap, banyak yang gratis ko..google aja, saat ini saya pake edraw mind map. Masi banyak software lainnya

Selamat mencoba 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s